Saturday, December 15, 2012

Terminal / CMD Prompt pada Android

Shell Terminal Emulator
Sedikit fungsi dari Terminal atau CMD Promt itu adalah kita dapat melakukan perintah-perintah dasar seperti delete file, create folder, cek IP tetapi melalui interface hitam putih, kalau dilinux disebut Terminal tetapi kalau diwindows disebut Command Prompt. untuk lebih jelasnya anda dapat membacanya disini. Saya tidak akan begitu membahas apa itu terminal, tetapi lebih kecara penggunaan terminal pada smartphone android. 

Pernahkah terlintas dibenak anda menggunakan Terminal pada smartphone android anda? untuk menggunakan Terminal pada Android ini saya menggunakan Aplikasi tambahan atau bisa dibilang emulator terminal. dalam uji kalai ini saya menggunakan aplikasi Shell Terminal Emulator anda dapat mendownloadnya disini

Dalam pengujian aplikasi Shell Terminal Emulator ini saya menggunakan beberapa perintah dasar dan berjalan lancar. salah satu perintah yang saya gunakan adalah ls (menampilkan seluruh direktori) caranya  adalah ketikkan ls pada line command. dan untuk meng-cek jaringan ping google.com Untuk lebih jelasnya lihat gambar hasil uji dibawah ini : 

Shell Terminal Emulator - Perintah LS
Perintah LS
Shell Terminal Emulator - Hasil Perintah LS
Hasil dari LS

Shell Terminal Emulator - Perintah ping google.com
printah Ping google.com
Shell Terminal Emulator - Hasil Perintah ping google.com
Hasil - Ping google.com



















Note : Perintah ping ke alamat domain diatas hanya dapat dilakukan dengan adanya koneksi Internet.





2 comments:

  1. untuk menyelesaikan PING , pake perintah apa? kalo di Linux n Windows kan pake (ctrl+c) , kalo di android gmana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sama aja dengan menggunakan emulator[aplikasi tambahan]

      Delete

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan isi komentar dan saran anda dibawah ini [Mohon jangan menggunakan link aktif, karena otomatis terhapus] :